//
you're reading...
Sisi Lain Penulis

Ketapang, Kota Kelahiranku


Denny Leo

jreng ….. jreng …..

Tulisan ini secara khusus saya persembahkan kepada sahabat-sahabat blogging saya.

Anda akan melihat diri saya yang jujur, yang berbeda sama sekali ketika saya menulis fiksi.

Sebagai penulis blog ANOTHER DAY, saya merasa perlu untuk meperkenalkan diri saya jauh lebih dalam. Baik mengenai kehidupan saya dan segala macam aktivitas yang pernah saya lakukan. Pada kategori Sisi Lain Penulis, saya secara pribadi akan lebih banyak bercerita mengenai pengalaman-pengalaman saya yang sangat menarik, yang merupakan kenyataan dan bukan fiksi.

Kota Ketapang

Kota Ketapang, Kecamatan Delta Pawan

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis mengenai kota Ketapang, kota kelahiranku. Ada yang sudah pernah berkunjung ke kota Ketapang, Kalimantan Barat? Ada yang tahu letak-nya? Ketapang adalah kota Kabupaten, mempunyai luas wilayah sampai pada saat ini adalah 31.588km2 dengan jumlah total 20 kecamatan. Saya tinggal di salah satu kecamatan tersebut, yaitu kecamatan Delta Pawan. Kenapa disebut kecamatan Delta Pawan? Karena kecamatan tersebut dibangun di atas sebuah delta sungai Pawan.

Kota Ketapang tergolong kecil, karena masih dalam tingkatan kabupaten. Apakah kabupaten Ketapang sudah cukup maju? Ya, bisa dikatakan sudah cukup maju, namun pusat komersial yang tersebar di kota ketapang, sejauh ini hanyalah Swalayan, Hotel, Restoran, Bank dan Jasa-Jasa Pengiriman. Saya sudah tinggal di kota Ketapang sejak kecil dan sempat meninggalkan-nya beberapa tahun untuk kuliah di kota Pontianak, dan itu adalah kisah yang lain.

Tugu Perdamaian

Tugu Perdamaian / Tolak Bala

Taraf kehidupan di kota Ketapang memang cukup baik, dimana tukang sapu-nya saja sanggup membeli sepeda motor. Tidak terlalu buruk seperti yang sering saya lihat di kota-kota metropolitan. Dan mungkin sebagai kota impian, kota Ketapang adalah kota yang damai, sekalipun dahulu sempat terjadi konflik di tahun 1998, dimana terjadi kerusuhan di sana. Namun itu juga hanya masa lalu, sekarang pandangan masyarakat sudah banyak berubah, dan mulai bisa saling menghormati.Β Salah satu simbol perdamaian yang dibangun pasca kerusuhan adalah Tugu Perdamaian / Tolak Bala.

Ale-Ale

ale-ale setelah ditumis.

Makanan khas kota Ketapang adalah ale-ale. Ale-ale adalah sejenis hewan air yang menyerupai kerang. Hewan air ini juga dijadikan simbol atau tagline kota Ketapang, yaitu Ketapang, Kota Ale-Ale. Menurut mitos yang beredar, Ale-Ale adalah sejenis hewan yang hidup, yang berasal dari buah pohon Ketapang yang jatuh ke dalam sungai. Sulit untuk mempercayai-nya memang, maka hal ini lebih sering disebut sebagai mitos.

Sekarang kita bahas tempat tinggal saya. Saya tinggal di sebuah kompleks pasar di dalam sebuah ruko, dimana aktivitas-nya sangat padat. Tidak tahu kenapa saya bisa tumbuh besar dengan keahlian menulis, dimana kita tahu lingkungan saya seharus-nya mendidik saya menjadi seorang yang praktis dan tidak suka hal-hal yang rumit. Tapi ini adalah fakta, saya tumbuh dan terus mempertahankan keahlian ini. Mungkin adalah sesuatu yang mendobrak juga bahwa secara tradisi, tidak ada bagian dari keluarga saya yang memiliki impian menjadi seorang penulis. Saya lebih cocok menjadi seorang pedagang atau pekerja kantoran, menurut pandangan orang tua.

Dan beruntung sekali saya bisa berkenalan dengan teknologi, sehingga saya bisa keluar menjelajahi dunia sekalipun saya hanya duduk di depan monitor, menggerakkan si tikus, dan menekan-nekan papan kunci. Setidak-nya pandangan saya tidak terbelakang. Internet berhasil membuka wawasan saya tentang kehidupan, bahwa pemikiran-pemikiran saya pada dasar-nya sudah banyak dibicarakan. Ini menyenangkan, dan saya berkesempatan memperkenalkan kota kelahiran-ku juga.

Denny Leo

beginilah saya jika difoto di depan komputer.

Kita sama-sama tinggal di negara ini; Indonesia, dan mari kita lihat ke pulau Kalimantan, di sana juga ada orang Indonesia. Rakyat di negeri ini yang pernah dimerdekakan, dan cinta setengah mati pada bangsa ini. Setiap hari-nya, di kota ini, bendera merah-putih dikibarkan, dan setiap 17 Agustus kami dengan bangga menyanyikan lagu kemerdekaan.

Sampai disini, saya akan mengakhiri tulisan ini. Masih banyak yang bisa dibahas sebenar-nya, tapi sampai di sini dulu, ya.

Salam hangat dari saya, di negeri Kayong. Terimakasih.


Beberapa gambar diambil dariΒ ketapangkotakelahiranku.blogspot.comΒ (Thanks to Blog Owner)

About Denny Leo

My mind just exploding and I'd like to write a story in a thousand years ......

Discussion

22 thoughts on “Ketapang, Kota Kelahiranku

  1. Makasih Mas Denny, jadi sedikit lebih tahu tentang kota Ketapang nih ya..

    Posted by danirachmat | February 4, 2013, 2:20 pm
  2. lho, saya juga di ketapang mas, di banyuwangi tapinya, dekatnya bali..

    Posted by setokdel | February 4, 2013, 4:23 pm
  3. Ayo ayo lanjutin ceritanya, biar kta-kita lebih tau banyak πŸ™‚

    Posted by Raf | February 4, 2013, 5:35 pm
  4. Wah jadi pengen kerja jadi tukang sapu di sana nih.

    Ada blog award nih bang, http://sokocon.wordpress.com/2013/02/04/very-inspiring-blogger-award/

    Posted by arip | February 4, 2013, 9:14 pm
  5. saya ngertinya, ketapang itu ada di banyuwangi,,,

    Posted by Mita Alakadarnya | February 5, 2013, 9:36 am
  6. ketapang ituuu bukannya kue yaaa??? :mrgreen:

    Posted by utie89 | February 21, 2013, 5:42 pm
  7. Love Ketapang hahaaa sudah hampir lima tahun tidak bersua di kota itu lagi. Rindu akan SMA Yohanes, Kafe Roma, Asrama WPK, PS Haiti. Wah banyak sekali kenangan di sana. Maju terus Ketapang. Salam Damai dan sukses selalu untuk penulis!

    Posted by Bastian Arisandi | March 12, 2013, 2:30 pm
  8. Biak ketapang e ? πŸ˜€ hhaha

    Posted by teddy riyan putra | June 17, 2013, 10:43 am
  9. Semoga lebih banyak tulisan ttg Ketapang oleh penulis Ketapang… Hope

    Posted by Agus Kurniawan | April 1, 2014, 10:53 am

Leave a Reply

Recent Posts

Top Posts & Pages

Follow me on Twitter

