//
you're reading...
Sisi Lain Penulis

Peringatan Cap Go Meh, Ketapang, Kalimantan Barat


suasana pada pagi hari disekitar Kompleks Pasar Baru .....

suasana pada pagi hari disekitar Kompleks Pasar Baru …..

Istirahat sejenak dari menulis cerita fiksi, pada kesempatan kali ini saya ingin menuliskan bagaimana acara peringatan Cap Go Meh berlangsung di Kota Ketapang, Kalimantan Barat, Indonesia. Tulisan ini memang sudah direncanakan sebelumnya, dan hanya dalam tenggak waktu yang sangat singkat dan mengejar deadline saya berusaha sebisa mungkin menerbitkan tulisan ini pada hari Senin 25 Februari 2013. Video-video peringatan Cap Go Meh ini diambil pada hari Minggu 24 Februari 2013 pada pagi hari dan malam hari. Pada pagi hari, karena cuaca sangat panas, maka proses pengambilan gambar menjadi tidak mudah dan kurang mengenakkan, saya harus sedikit berjemur dan berkeringat. Tapi tak apa demi dokumentasi saya rela melakukannya.

Cap Go Meh adalah perayaan yang diadakan setahun sekali yang melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi masyarakat Tionghua di seluruh dunia. Istilah Cap Go Meh berasal dari bahasa Hokkian yaitu Cap=Sepuluh, Go=Lima, dan Meh=Malam. Sedikit mengenai bahasa Hokkian adalah bahasa yang berasal dari dialek Min Selatan dan masih berhubungan dengan bahasa Han. Bahasa Han sendiri merupakan romanisasi (alih aksara dari huruf non-Latin menjadi huruf Latin) dari bahasa Mandarin baku yang digunakan RRC (Republik Rakyat Cina).

suasana pada malam hari disekitar Jalan Merdeka satu jam sebelum atraksi dimulai .....

suasana pada malam hari disekitar Jalan Merdeka satu jam sebelum atraksi dimulai …..

Pada perayaan Cap Go Meh setiap tahunnya akan diadakan berbagai pagelaran budaya, di sini adalah pencampuran dari berbagai budaya lokal dengan budaya Tionghua itu sendiri. Sudah menjadi langganan bahwa atraksi Tatung biasanya turut serta dalam penampilan, tapi belakangan saya tahu bahwa atraksi Tatung hanya ada di Kalimantan Barat dan Belitung, apakah itu benar? Ya, mungkin saja, karena Tatung pada dasarnya adalah orang yang dirasuk Roh Dewa atau Roh Leluhur. Berbagai aksi yang mengerikan seperti berdiri pada benda tajam atau menusuk pipi dengan jarum adalah hal yang seharusnya dilakukan para Tatung. Tapi apa sebenarnya makna dibalik atraksi tersebut? Roh Dewa atau Roh Leluhur biasanya dipanggil untuk kepentingan tertentu, misalnya untuk melakukan kegiatan pengobatan, mengusir roh jahat, pembuatan Hu (jimat), dan meminta nasihat yang dipandang perlu. Setelah kegiatan yang dilakukan selesai, Roh Dewa atau Roh Leluhur yang dipanggil tersebut akan meninggalkan tubuh orang yang dirasuk.

Berikut adalah video untuk atraksi Tatung. Maaf jika kualitas video tidak terlalu baik, karena hanya menggunakan kamera BlackBerry, mungkin butuh sponsor untuk hasil yang lebih baik.

Lokasi : Jalan Ahmad Yani Kompleks Pasar Baru No.31A

Setelah atraksi Tatung selesai, selanjutnya adalah atraksi Naga;


simpang Jalan Ahmad Yani dan Jalan Merdeka .....

simpang Jalan Ahmad Yani dan Jalan Merdeka …..

Malam harinya tidak kalah meriah, dengan memainkan banyak kembang Api, acara peringatan Cap Go Meh menjadi semakin semarak. Sepertinya dari tahun ke tahun, antusias warga untuk menyaksikan menjadi semakin tinggi. Salah satu posisi paling seru untuk menyaksikan atraksi Naga adalah persimpangan Jalan Ahmad Yani dan Jalan Merdeka. Di persimpangan tersebut berdiri Tugu Perdamaian atau Tugu Tolak Bala yang merupakan simbol bersejarah di Kota Ketapang. Naga yang dimainkan akan melintas pada Tugu tersebut dan kemudian memainkan aksinya.

Berikut adalah video untuk atraksi Naga pada malam harinya;

Lokasi : simpang Jalan Ahmad Yani dan Jalan Merdeka

Akhir kata, saya sebagai penulis blog ANOTHER DAY mengucapkan banyak terimakasih kepada pengunjung setia blog ini.

Salam hangat dari Negeri Kayong.


Revisi-Revisi :

“Setelah membaca sejumlah berita yang tersebar di internet, saya mendapatkan berita bahwa atraksi Tatung (disebut Tang Sin) juga ada di Manado, Sulawesi Utara.” -Sumber Berita : Kompas Travel

Advertisements

About Denny Leo

My mind just exploding and I'd like to write a story in a thousand years ......

Discussion

8 thoughts on “Peringatan Cap Go Meh, Ketapang, Kalimantan Barat

  1. negeri kayong? yisha baru tau. apa artinya ka?
    eh ya, bukannya cap go meh diperingati tgl 15 ka? udah tgl 15 ya ka?

    Posted by yisha | February 25, 2013, 9:13 am
    • Sesuai penanggalan Cina, sudah 15 hari Imlek sejak tanggal 10 Februari. Kalau Tanah Kayong/Negeri Kayong itu sebutan klasik. Ketapang memang sering disebut Tanah Kayong. Menurut sejarah juga bahwa Kerajaan Tanjung Pura dahulunya berdiri di daerah Ketapang. Banyak orang orang pintar dan orang sakti berasal dari Ketapang, sehingga dulu orang berilmu selalu berasal dari Tanah Kayong/Bumi Kayong/Negeri Kayong. Untuk sejarah ini masih membuat saya penasaran untuk ditelusuri lebih lanjut, karena saya sangat minim referensi mengenai sejarah tersebut.

      Kayong berasal dari kata Kayangan. Itu saja yang pasti.

      Posted by Denny Leo | February 25, 2013, 12:34 pm
  2. Koh, angpaonya mana 😀

    Posted by Raf | March 2, 2013, 1:28 am
  3. Hihihi, ayolaaaah koh, udah tanggal muda nih 😀

    Posted by Raf | March 2, 2013, 6:09 pm
  4. tahun depan coba membuat dokumentasi bersama saya. mgkn akan dpt gambar yg lebih baik angel nya.. perkenalkan saya pemain kepala dan pelatih naga dari Vihara Sila Maitreya Ketapang. terimakasih sudah membuat blog berisi kota ketapang yg kita cintai.

    Posted by Ndre Loiz JJ | March 9, 2013, 2:05 am
    • saya melihat bahwa budaya kita ini perlu lebih lagi dipublikasikan. 🙂
      wah, suatu kehormatan bisa membuat dokumentasi bersama kokoh. sama-sama orang Ketapang mah, gampanglah itu. 😀
      terimakasih kembali atas kunjungannya.

      Posted by Denny Leo | March 9, 2013, 7:41 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Recent Posts

Top Posts & Pages

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: