//
you're reading...
Sisi Lain Penulis

Musik Plus – Bagian 1


Halo, sahabat-sahabat blogging, tidak terasa saya sudah menulis di blog ini hampir selama 5 bulan. Banyak susah dan senangnya, tapi lebih banyak senangnya, karena setidaknya saya telah menulis hal-hal yang sangat saya sukai dan ternyata ide-ide saya dapat diterima secara luas. Untuk itu saya ucapkan banyak terimakasih. Pada kesempatan kali ini di luar penulisan cerita fiksi, saya ingin berbagi tentang lagu-lagu yang sangat menginspirasi saya dalam menulis, dan tentunya memberikan kesenian yang berkualitas juga.

Tahun 80-an dan 90-an bagi sebagian orang menjadi tahun-tahun puncak kreativitas dalam bermusik. Dan anggapan ini juga didukung oleh seorang pencipta lagu yang sangat terkenal di Indonesia bernama Ahmad Dhani. Di era 80-an dan 90-an dapat kita temukan banyak sekali lagu-lagu berkualitas, baik dari segi aransemen dan lirik. Sekencang-kencangnya gebrakan musik 2000-an masih sangat sulit mengalahkan musik-musik di era 80-an dan 90-an. Tidak percaya? Mari saya perkenalkan pada satu band yang sangat fenomenal di era-nya yaitu antara 80-an akhir sampai 90-an awal, namanya adalah X-Japan.

X-Japan adalah band heavy metal dari Jepang yang menurut saya sangat jenius dalam menciptakan lagu. Sekalipun dandanan para personil-nya sangat sulit saya terima, namun musiknya sangat bisa saya terima. Pertama kali mendengarkan X-Japan adalah sebuah ketidaksengajaan saat saya mengunjungi suatu forum untuk menemukan lagu-lagu rekomendasi. Beberapa lagu X-Japan memang membuat sakit di telinga, karena sangat keras dan progresif, namun tidak menutup kemungkinan mereka dapat memainkan lagu yang sangat lembut, bahkan dapat menjadi idola kaum hawa.

X-Japan adalah band heavy metal dengan pencampuran musik yang tidak biasa. Tidak pernah membayangkan bahwa musik metal dapat di aransemen sedemikian rupa, sehingga menjadi komposisi baru dan menjadi identitas dari sebuah aliran musik yang bernama Visual-K. Karakteristik yang paling menonjol dari Visual-K adalah dandanan yang sangat glamor. Dua band internasional diluar Jepang yang hampir menyerupai karakteristik Visual-K adalah Kiss dan Twisted Sister. X-Japan sendiri hampir banyak dipengaruhi oleh Kiss, ini diakui oleh salah seorang pendiri X-Japan sendiri yaitu Yoshiki (Piano, Drum) bersama Toshi (Vokal).

Sekalipun mendapat sambutan yang luar biasa dari segi penjualan album, namun tidak semua pihak di industri musik Jepang menyukai X-Japan, karena jenis musik yang mereka mainkan, ditambah lagi dandanan mereka yang sangat mirip dengan wanita. Jika ingin mengetahui bagaimana kerasnya musik X-Japan pada saat pertama kali mereka merilis album, sebagai rekomendasi saya sebutkan satu lagu mereka yang berjudul ‘Vanishing Love’ [VIDEO]. Saya dapat menjamin bahwa tidak semua dari kita dapat menikmati musiknya. Akan tetapi pendongkrak popularitas X-Japan yang sesungguhnya bukan terdapat pada lagu-lagu keras nan berisik, melainkan pada lagu-lagu ballad yang mereka mainkan.

Salah satu lagu ballad dari X-Japan yang sangat saya sukai adalah ‘Tears’ (Air Mata). Lagu ini sangat menyentuh, mengisahkan seseorang yang merindu dan ditinggal pergi oleh seseorang yang sangat dicintai. Yang membuat saya sangat terkesan adalah pada bagian liriknya. Ini sangat indah, dipadu dengan dua unsur musik yang sangat berbeda yaitu klasik dan metal. Sekalipun tidak begitu terasa unsur metal-nya, tetap saja lagu ini sangat mengena di telinga saya, karena terdengar sangat klasik.

Berikut saya ambil video konser mereka saat memainkan lagu ‘Tears’. Konser ini digelar pada tanggal 30 Desember 1993. Dan pada saat itu usia saya baru 3 tahun.


‘Tears’X-Japan [English Translation]

Written & Compossed by Yoshiki

——————————————————————————————–

Where should I go?
Now that you’re gone.

Now I wish for the answer
From the stream of time
Having gone away

In the longest night,
I dreamed of a depature

Staring at foreign sky,
I held my loneliness

Lay my flowing tears on the wind of time

Fell your endless sights

Dry you tears with love

Dry you tears with love

Loneliness-
Your silent whisper fills a river of tears
Through the night

Memory-
You never let me cry
And you, you never say goodbye

Sometimes our tears blinded the love

We lost our dreams along the way

But I never thought
You’d trade your soul to the fates

Never though
You’d leave me alone

Time through the rain has set me free

Sands of time will keep your memory

Love everlasting fades away

Alive within your beatless heart

Dry your tears with love

Dry your tears with love

Lay my flowing tears on the wind of time

Change the endless sorrow into a blue rose

Dry you tears with love

Dry you tears with love

Lay my flowing tears on the wind of time

Feel your endless sights

Dry your tears with love

Dry your tears with love

——————————————————————————————–

If you could have told me eveything
You would have found what love is

If you could have told me
What was on your mind
I would have shown you the way

Someday I’m gonna be older than you

I’ve never thought beyond that time
I’ve never imagined the pictures of that life

For now I will try to live for you, and for me

I will try to love, with dreams
And forever with tears …..


Bagaimana? Keren? Tapi saya tidak memaksa anda untuk mengatakannya bagus, setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda. Sekian dulu dari saya, maaf jika ada salah-salah kata. Saya tidak dapat berjanji kapan akan menulis pada kategori SISI LAIN PENULIS lagi, karena terdapat berbagai macam kesibukan. Berharap dapat selalu menghibur anda.

Sekian.

About Denny Leo

My mind just exploding and I'd like to write a story in a thousand years ......

Discussion

22 thoughts on “Musik Plus – Bagian 1

  1. kayaknya sih yisha suka…….

    Posted by yisha | March 24, 2013, 7:03 am
  2. belum pernah dengar lagu ini sebelumnya, skrg lagi ndengerin nih, Menyentuh ya lagunya, untung kamu kasih terjemahannya di atas bro 😛

    Posted by Dunia Ely | March 24, 2013, 3:01 pm
  3. wow keren. kebetulan saya lagi nyari lagu band2 rock era 90an. disimpen dulu nama band dan judul lagunya buat didonlot nanti.

    Posted by Ilham | March 24, 2013, 8:05 pm
  4. Den saya cuma tahu Ahmad Dhani :D. Videonya ga bisa ku lihat cuma layar hitam.
    Hebatt kamu ya Den 5 bulan membangun blog ini sudah dapat PR1 dan alexanya juga ramping sekali. Good job Denny ;).

    Posted by pursuingmydreams | March 25, 2013, 10:15 pm
  5. wah keren videonya,, baru pertam kali liat x-japan keren abis

    Posted by jual alat berat | April 12, 2013, 11:45 am
  6. Xjapan emang yahud!! Skill piano sang drummer ngimbangi bethoven..bahkan mike portnoy memberi apresiasi lebih

    Posted by Gudang musik keras | June 24, 2013, 10:14 pm

Leave a Reply

Recent Posts

Top Posts & Pages

Follow me on Twitter

